Thursday, October 30, 2008

Tai Chi dapat Membantu dalam Mengontrol Asma

Penelitian menunjukkan Sistem Latihan China dapat Membantu Pernafasan pada Pasien Asma
Oleh Bill Hendrik

29 Okt 08 – Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa penderita asma memungkinkan untuk mengontrol pernafasan mereka dan memperbaiki usaha mereka dengan latihan tai chi.
Tai chi merupakan suatu metode latihan tradisional China yang meliputi koordinasi pernafasan dan gerakan tubuh.
Peneliti di Thailand mendaftar 17 pasien dewasa ( rata-rata usia 57 tahun) dengan asma persisten dalam program latihan tai chi selama 6 bulan.
Para peneliti mengungkapkan , setelah masa pelatihan, pasien-pasien tersebut menunjukkan kesembuhan yang berarti dengan keragaman peak flow, kontrol terhadap asma, dan kualita s hidup yang membaik.
Pasien merasa lebih nyaman setelah berjalan selama 6 menit dan tingkat kerja serta konsumsi oksigen maksimum mereka ditingkatkan, kata peneliti saat meluncurkan berita tersebut.
Para peneliti menyimpulkan bahwa tai chi dapat membantu pasien untuk mengontrol asma dan menjadi buktisebagai sesuatu yang efektif, pengobatan nonfarmakologi pada pasien dengan asma persisten.
Penulis merupakan staff pada bagian kedokteran di Ramathibodi Hospital di Thailand.
Ketujuhbelas pasien mengikuti latihan sekali dalam seminggu , diikuti dengan latihan harian di rumah menggunakan peralatan audio visual. Kegiatan rutin ini dijalankan selama 6 minggu.
Para peneliti mengukur beberapa hal seperti konsumsi oksigen dan ketahanan terhadap latihan, dan menyimpulkan bahwa tai chi memperbaiki kemampuan latihan baik yang fungsional dan maksimum dan meningkatkan hasil latihan.
Penelitian ini bawakan pada CHEST 2008, pertemuan tahunan dari American College of Chest Physician, di Philadelphia.

No comments: