Saturday, January 22, 2011

10 Tips Tidur yang Lebih Baik

terjemahan bebas by Attonk dari WebMD.com

Kita semua pernah mengalami masalah tidur. Tetapi anda dapat membuat diri anda untuk tidur malam lebih mudah dengan beberapa langkah berikut :

1. Hindari kafein. Sederhananya, dengan kafein anda akan terjaga. Kafein dapat tinggal dalam tubuh anda lebih lama dari yang anda bayangkan – efek kafein dapat berlangsung sekitar delapan jam sebelum berhenti. Jadi, jika anda meminum secangkir kopi di sore hari dan terjaga pada malam hari, kafein mungkin penyebabnya. Menghindari kafein setidaknya empat hingga enam jam sebelum tidur dapat membantu anda tidur lebih cepat.

2. Hindari konsumsi alkohol untuk memudahkan tidur. Alkohol dapat membantu anda untuk tidur, tetapi juga menyebabkan gangguan tidur yang menyebabkan tidur anda tidak nyenyak. Minum alkohol sebelum tidur dapat membuat anda terbangun pada malam hari.


3. Santailah sebelum tidur. Stress tidak hanya membuat anda terlihat kacau, juga mengganggu tidur anda. Kembangkan suatu kegiatan sebelum tidur untuk memecah koneksi antara stress yang anda alami sepanjang hari dengan tidur. Kebiasaan-kebiasaan ini setidaknya 10 menit atau selama 1 jam.


4. Latihan pada waktu yang tepat. Latihan teratur dapat membantu anda mendapatkan tidur malam yang baik. Waktu dan intensitas latihan tampaknya memegang peranan penting pada efeknya terhadap tidur. Jika anda adalah tipe orang yang menjadi berenergi atau menjadi lebih siaga setelah olahraga, sebaiknya tidak melakukan latihan pada malam hari. Latihan yang teratur pada pagi hari kadang dapat membantu menghilangkan insomnia, menurut sebuah hasil penelitian


5. Pertahankan ruang kamar anda tenang , gelap dan nyaman. Untuk kebanyakan orang, bahkan bunyi yang kecil atau sedikit cahaya dapat mengganggu tidur seperti bunyi kucing mengeong atau cahaya dari laptop atau televisi. Penggunaan penutup telinga, gorden dan selimut atau pendingin ruangan memungkinkan untuk menciptakan lingkungan yang ideal untuk tidur. Dan jangan gunakan lampu ruangan bila anda harus terbangun pada malam hari, gunakan sebuah lampu malam yang kecil sebagai penggantinya. Suhu ruangan ideal untuk tidur sekitar 68 hingga 72 derajat Fahrenheit. Suhu diatas 75 atau dibawah 54 derajat dapat mengganggu tidur anda.


6. Makan yang secukupnya. Usahakan jangan tidur dalam keadaan lapar, tetapi cegah makan berlebihan sebelum tidur. Perut yang terlalu penuh membuat anda terjaga. Beberapa contoh makanan dapat membantu. Susu mengandungtriptofan , yang merupakan substansi sleep promoting. Makanan lain dapat juga membantu tidur seperti tuna, ikan laut, labu, artikok, alpukat, almond, telur, bok choy, buah persik, kenari, apricot, bubur gandum, jamur, tomat, dan pisang.

Usahakan juga kurangi minum setelah jam 8 malam. Hal ini dapat membantu anda dari terbangun untuk ke kamar kecil pada malam hari.

7. Jauhi nikotin. Merokok sebelum tidur – meskipun merasa santai, namun pada kenyataannya memberi stimulasi ke aliran darah. Efek nikotin mirip dengan efek kafein. Nikotin membuat anda terjaga sepanjang malam. Hal ini sebaiknya dihindari khususnya menjelang tidur dan saat terbangun tengah malam.


8. Hindari tidur ayam. Tidur sejenak hanya membuat masalah lebih buruk jika anda biasanya memiliki masalah susah tidur. Tidur sejenak selama 15 – 20 menit setelah delapan jam terbangun pada pagi hari hanya dapat menyegarkan.


9. Jauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur. Apakah hewan piaraan anda tidur di samping anda ? hal ini dapat membangunkan anda tengah malam, baik karena alergi ataupun karena hewan peliharaan anda bergerak-gerak.


10. Hindari menonton TV, makan, atau mendiskusikan hal-hal emosional di tempat tidur.



No comments: