Friday, February 20, 2009

ABSES SEPTUM NASI

I. PENDAHULUAN

Hidung merupakan organ penting, yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari biasanya; merupakan salah satu organ pelindung tubuh terpenting terhadap lingkungan yang tidak menguntungkan. Dari segi anatomis, hidung memiliki kavum nasi yang mempunyai 4 buah dinding, yaitu dinding medial, lateral, inferior, dan superior. Dinding medial hidung adalah septum nasi yang dibentuk oleh tulang dan tulang rawan.(3)

Abses septum nasi adalah suatu kondisi yang jarang terjadi yang telah dilaporkan oleh Little. Abses paling sering terbentuk setelah didahului oleh adanya septal hematoma. Biasanya terdapat riwayat trauma nasal. Abses septum juga dapat terjadi setelah operasi septum nasi. Abses septum nasi merupakan suatu kumpulan pus yang terdapat di antara kartilago atau tulang septum dengan mukoperikondrium atau mukoperiosteum.(1,5)
Suatu hematoma sangat mudah mengalami infeksi dan menjadi abses. Komplikasi ini sering dihubungkan dengan nyeri yang memberat, bersamaan dengan gejala toksemia yang biasa timbul, seperti demam dan peningkatan frekuensi nadi. Adanya infeksi sekunder ini berakibat meluasnya nekrosis kartilago yang tidak mungkin dihindari, sehingga indikasi untuk drainase secara bedah semakin sulit untuk dilakukan.(2)

Untuk request memperoleh file lengkap, silakan email ke sini. Anda akan dikirimkan alamat file.

No comments: