Friday, February 20, 2009

TUMOR GANAS LARING

PENDAHULUAN
Tumor ganas laring merupakan suatu penyakit dimana sel-sel kanker bertumbuh di laring. Pada keadaan normal, sel-sel membelah dengan pola yang teratur. Jika sel-sel di dalam tubuh membelah tanpa terkontrol membentuk massa jaringan yang disebut tumor.(1)

Di Indonesia, tumor ganas laring mencapai lebih dari 1% dari semua keganasan. Keganasan ini menempati urutan ketiga setelah tumor ganas nasofaring, dan tumor ganas hidung dan sinus paranasal. Dari sejumlah kasus keganasan dibidang telinga, hidung dan tenggorok yang dikumpulkan antara tahun 1999-2000 di bagian THT FKUI-RSCM Jakarta, tercatat jumlah pasien karsinoma laring sebanyak 125 orang atau 6,23% dari total penderita.(2)

Frekuensi keganasan kepala dan leher secara keseluruhan adalah meningkat. Yang penting diperhatikan adalah meningkatnya insidens merokok pada wanita.(1-5) Karsinoma laring mempunyai hubungan dengan karsinoma paru-paru dengan rasio kurang lebih satu berbanding sepuluh. Dengan demikian, dengan meningkatnya kanker paru-paru pada wanita maka peningkatan insiden karsinoma laring dapat juga diperkirakan. 4
Usaha seluruh dokter diarahkan pada pengenalan dini , peningkatan angka kehidupan, pencegahan metastasis jauh, dan pengenalan dini penyakit rekuren local dan regional. Walaupun ada desakan bahwa masyarakat harus mencari pengobatan lebih awal, tidak jarang pasien datang dengan obstruksi laring karena kanker yang besar dibandingkan gejala dini berupa suara yang parau.(4)

Untuk request memperoleh file lengkap, silakan email ke sini. Anda akan dikirimkan alamat file

1 comment:

Kimberly said...

stop me a very current information and very well constructed a friend recommended me your page signs of heart attack in a meeting and really great to have a comprehensive set of information is really good page.