Wednesday, October 14, 2009

Otot-otot Ekstraokuler Bola Mata

download
Dalam sistem visual, otot-otot ekstraokuler memegang peranan penting dalam mempertahankan posisi binokuler untuk mencapai stereopsis, dan pergerakan dinamis yang tepat untuk mempertahankan target visual pada fovea meskipun tubuh dan kepala dalam keadaan bergerak. Setiap struktur otot ekstraokuler dan jaringan konektif yang berhubungan memiliki fungsi yang unik dalam menunjang sistem okulomotor.
Pada manusia terdapat 6 otot okulorotarius, yang bekerja berpasangan dan antagonis. Keenam otot tersebut yaitu empat otot rektus masing-masing medialis, lateralis, superior dan inferior. Dua otot oblik yaitu superior dan inferior. Masing-masing dari keenam otot ekstraokuler berperan dalam menentukan posisi mata mengelilingi tiga sumbu rotasi. Kerja primer suatu otot adalah efek utama yang ditimbulkannya pada rotasi mata. Efek yang lebih kecil disebut kerja sekunder atau tersier. Kerja pasti setiap otot bergantung pada arah mata dalam ruang.
Untuk memperdalam pemahaman kita mengenai bagaimana anatomi dan fisiologi dari otot-otot penggerak bola mata maka dalam sari pustaka ini akan dibahas seluruh aspek otot ekstraokuler mulai dari embriologi, anatomi, vaskularisasi, persarafan dan kerja motorik otot-otot penggerak bola mata.

download lengkapnya di sini

No comments: