Sunday, December 20, 2009

15 Gejala kanker yang wanita abaikan

WebMD menyingkap tanda-tanda peringatan kanker pada wanita yang sering terjadi namun acapkali diabaikan
Oleh Kathleen Doheny
Diterjemahkan bebas oleh attonk dari WebMD

Wanita cenderung lebih waspada dibandingkan pria mengenai pemeriksaan rutin yang direkomendasikan dan skrining kanker, menurut hasil penelitian dan para ahli.
Mereka umumnya lebih rela, memeriksakan gejala-gejala yang dicemaskan, kata Mary Daly,MD, ahli onkologi dan kepala departemen genetik klinikdi Fox Chase Cancer Center di Philadelpia.

Tetapi tidak selalu. Wanita muda, umpamanya, cenderung mengabaikan gejala-gejala yang dapat menjadi tanda kanker. “Mereka berpendapat bahwa kanker adalah masalah pada lanjut usia,” kata Daly kepada WebMD. Dan mereka sering benar, tetapi banyak orang mudah yang juga menderita kanker.
Tentu saja, wanita sama terampilnya dengan pria beralih pada mode penolakan. “ ada orang yang secara sengaja mengabaikan gejala kanker mereka,” kata Hannah Linden,MD, seorang ahli onkologi medik. Beliau adalah seorang anggota perkumpulan dari Fred Hutchinson Cancer Research Center dan guru besar tamu di University of Washington School of Medicine, Seattle. Hal ini sering ditolak, tetapi tidak selalu, katanya. “ sebagian, ada budaya kepercayaan bahwa kanker tidak dapat diobati, sehingga untuk apa ke sana.”
Berbicara mengenai gejala-gejala yang dicemaskan tidak seharusnya membuat orang-orang bereaksi berlebihan, kata Ranit Mishori,MD, seorang asisten professor dari kedokteran keluarga di Georgetown University School of Medicine di Washington DC. “ Saya tidak ingin memberikan orang kesan bahwa mereka seharusnya melihat setiap hal kecil,” katanya.
Dengan keseimbangan pikiran antara penolakan dan hipokondria, WebMD meminta para ahli untuk berbicara mengenai gejala-gejala yang tidak segera membuat wanita mengkhawatirkan kanker, tetapi sebaiknya diperiksa. Bacalah 15 gejala yang mungkin kanker pada wanita tetapi sering diabaikan

No. 1 : Berat badan turun tanpa sebab
Banyak wanita mungkin gembira dengan berat badan yang turun tanpa mencoba. Tetapi berat badan yang turun tanpa sebab – katakanlah 10 pon dalam sebulan tanpa peningkatan latihan atau penurunan jumlah intake makanan – sebaiknya diperiksa, kata Mishori
“Berat badan yang turun tanpa sebab adalah kanker kecuali jika tidak terbukti,”katanya. Mungkin, tentu saja, beralih pada kondisi lain, seperti hiperaktivitas tiroid.
Minta dokter anda untuk memeriksa tiroid dan mungkin mintalah CT scan pada organ-organ berbeda. Dokter harus “mengeliminasi setiap kemungkinan satu persatu,” kata Mishori.

No. 2 : Bengkak
Bengkak sering terjadi pada wanita. Tetapi dapat menjadi tanda kanker ovarium. Gejala lain pada kanker ovarium berupa nyeri abdomen atau nyeri pelvic, merasa cepat kenyang – meskipun saat makan tidak banyak – dan masalah buang air kecil, seperti keperluan harus ke kamar mandi.
Jika bengkak terjadi hampir setiap hari dan berlangsung selama beberapa minggu, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Harapkan bahwa dokter anda melakukan anamnesis teliti dan minta pemeriksaan CT Scan dan pemeriksaan darah, di antara pemeriksaan lainnya.

No. 3 : Perubahan pada payudara
Kebanyakan wanita tahu payudara mereka dengan baik, kecuali jika mereka tidak memeriksanya secara teratur, dan tahu untuk mewaspadai benjolan. Tetapi hal tersebut bukanlah satu-satunya gejala pada payudara yang mungkin menandakan kanker. Kulit payudara yang kemerahan dan menebal , yang dapat mengindikasikan bentuk yang cukup jarang namun aggresif dari kanker payudara, inflammatory breast cancer, juga harus diperiksa. Linden mengatakan ,” Jika anda memiliki bercak yang bertahan lebih dari seminggu, anda sebaiknya memeriksakannya,”katanya.
Demikian juga, bila tampak perubahan pada puting, atau jika anda memperhatikan discharge (dan bukan ASI), temui dokter anda.” Jika keluar normal dan masuk,” katanya, itu adalah tanda baik.” Jika putting anda sebaliknya secara perlahan, bukan masalah besar.” Itu adalah perubahan pada tampakan yang mungkin gejala yang dicemaskan.
Jika payudara anda mengalami perubahan, harapkan dokter anda melakukan anamnesis teliti, melakukan pemeriksaan pada payudara anda, dan minta untuk melakukan pemeriksaan seperti mammogram, ultrasound , MRI dan mungkin biopsy.

No. 4 : Perdarahan di antara periode atau perdarahan lain yang tidak biasanya
“Wanita premenopause cenderung mengabaikan perdarahan di antara periode ini,” kata Daly. Mereka juga cenderung mengabaikan perdarahan yang berasal dari saluran pencernaan, pikirian yang salah bahwa perdarahan tersebut terjadi pada masa periode mereka. Tetapi perdarahan di antara periode, terutama bila anda mengalami periode teratur, diperiksakan, katanya. Sama dengan perdarahan post menopaus, mungkin merupakan gejala kanker endometrium. Perdarahan saluran pencernaan mungkin gejala dari kanker kolorektal.
Pikirkan mengenai apa yang normal pada anda, kata Debbie Saslow,PhD, direktur kanker payudara dan ginekologi di American Cancer Society di Atlanta.”Jika seorang wanita tidak pernah mengalami perdarahan [di antara periode] dan kemudian terjadi, itu adalah sesuatu yang abnormal. Untuk seseorang lainnya, mungkin tidak.”
“Kanker endometrium merupakan kanker ginekologi yang sering terjadi,” kata Saslow. “ setidaknya tiga perempat yang mengalaminya menderita perdarahan abnormal sebagai gejala dini”
Dokter anda akan melakukan anamnesis teliti, dan tergantung pada waktu perdarahan dan gejala-gejala lain, mungkin menganjurkan ultrasound atau biopsy.

No. 5 : Perubahan pada kulit
Kebanyakan dari kita tahu untuk mengamati setiap perubahan pada tahi lalat – tanda yang sering pada kanker kulit. Tetapi kita juga sebaiknya mengamati perubahan pada pigmentasi kulit, kata Daly.
Jika anda tiba-tiba mengalami perdarahan pada kulit anda atau sisik yang berlebihan, sebaiknya juga diperiksa, katanya. Sulit untuk mengungkapkan seberapa lama untuk mengamati perubahan pada kulit sebelum anda menemui dokter, tetapi kebanyakan ahli mengatakan tidak lebih dari beberapa minggu.

No. 6 : Kesulitan menelan
Jika anda mengalami kesulitan menelan, anda mungkin sedang merubah pola diet sehinggah mengunyah tidak terlalu sulit, mungkin penggantian pada sup atau makanan lunak seperti protein shake.
Tetapi kesulitan itu dapat merupakan tanda dri kanker saluran pencernaan, seperti pada esophagus, kata Leonard Lichtenfeld,MD, kepala deputi pegawai kesehatan di American Cancer Society.
Harapkan dokter anda melakukan anamnesis dengan teliti dan minta pemeriksaan seperti foto X-Ray dada atu memeriksa saluran pencernaan.

No. 7 : Darah di tempat yang tidak seharusnya
Jika anda mengamati adanya darah dalam air seni atau kotoran anda, jangan mengasumsikan bahwa itu berasal dari suatu hemoroid, kata Mishori.” Hal tersebut mungkin kanker kolon.”
Harapkan dokter anda untuk bertanya dan mungkin meminta pemeriksaan seperti kolonoskopi, suatu pemeriksaan pada kolon untuk melihat kanker.
Melihat darah dalam kloset mungkin sebenarnya berasal dari vagina bila seorang wanita menstruasi, kata Mishori. Tetapi jika tidak, sebaiknya diperiksa untuk mengeliminasi kanker pada buli-buli atau ginjal, katanya.
Darah yang dibatukkan sebaiknya dievaluasi. Satu kejadian darah dari tempat yang tidak semestinya mungkin tidak membuktikan apa-apa, kata Mishori, tetapi jika terjadi lebih dari sekali, temuilah dokter anda.

No. 8 : Gangguan nyeri perut dan depresi
Setiap wanita yang mengalami nyeri di perut dan merasa depresi membutuhkan pemeriksaan rutin, kata Lichtenfeld. Beberapa peneliti telah menemukan hubungan antara depresi dan kanker pancreas, tetapi hubungannya masih kurang dimengerti.

No. 9 : Kesulitan mencerna
Wanita yang pernah hamil mungkin ingat kesulitan mencerna yang terjadi saat berat badan mereka bertambah. Tetapi kesulitan mencerna untuk alasan yang tidak jelas mungkin tanda peringatan.
Hal ini mungkin petunjuk awal kanker pada esophagus, lambung atau tenggorokan.
Harapkan dokter anda melakukan anamnesis teliti dan bertanya tentang kesulitan menelan sebelum menentukan pemeriksaan apa yang disarankan, jika ada.

No. 10 : Perubahan pada mulut
Para perokok sebaiknya mewaspadai setiap bercak putih di dalam mulut atau bercak titik putih pada lidah, menurut American Cancer Society. Keduanya dapat menjadi tanda suatu kondisi prekanker yang disebut leukoplakia yang dapat berlanjut pada kanker mulut.
Minta dokter gigi atau dokter anda untuk memeriksa dan menentukan apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya.

No. 11 : Nyeri
Seiring usia orang mereka menunjukkan keluhan lebih dari sejumlah nyeri, tetapi nyeri , samar-samar, dapat juga merupakan gejala awal beberapa kanker, meskipun kebanyakan keluhan nyeri bukan berasal dari kanker.
Nyeri yang berlangsung dan tanpa sebab harus diperiksa. Harapkan dokter anda untuk melakukan anamnesis teliti, dan berdasarkan informasi tersebut menentukan pemeriksaan lebih lanjut, jika ada, dibutuhkan.

No. 12 : Perubahan pada limfonodus
Jika anda mengamati suatu benjolan atau bengkak pada limfonodus di bawah ketiak atau di leher anda – atau dimana saja – hal tersebut perlu dicemaskan, kata Linden.
“ Jika anda memiliki limfonodus yang secara progresif membesar, dan telah lebih lama dari sebulan, temui dokter,” katanya. Dokter anda akan memeriksa anda dan mencari tahu setiap dugaan yang berhubungan (seperti infeksi) yang mungkin menjelaskan pembesaran limfonodus.
Jika tidak ditemukan, dokter anda akan secara khusus menganjurkan biopsi.

No. 13 : Demam
Jika anda demam yang tidak disebabkan oleh influenza atau infeksi lain, hal tersebut mungkin kanker. Demam lebih sering terjadi setelah kanker menyebar dari tempat asalnya, tetapi juga tanda awal dari kanker darah seperti leukemia atau limfoma, menurut American Cancer Society.
Gejala kanker lain seperti kulit kuning, atau perubahan warna pada kotoran anda.
Harapkan dokter anda untuk melakukan pemeriksaan fisis dan anamnesis, dan kemudian menganjurkan pemeriksaan seperti foto X-Ray dada, CT scan, MRI atau pemeriksaan lain, tergantung dari yang ditemukan.

No. 14 : Lemah
Lemah adalah tanda samar yang mungkin mengarah pada kanker – sama baiknya pada masalah lain. Hal ini dapat terjadi setelah kanker berkembang, tetapi juga terjadi pada awal kanker tertentu, seperti leukemia atau kanker kolon atau lambung, menurut American Cancer Society.

No. 15 : Batuk Persisten
Batuk disangkakan pilek, flu, alergi, dan kadang-kadang efek samping obat. Tetapi batuk yang cukup lama – didefenisikan sebagai sekurang-kurangnya lebih dari tiga atau empat minggu –sebaiknya tidak diabaikan, kata Mishori.
Anda sebaiknya mengharapkan dokter melakukan anamnesis teliti, pemeriksaan pada tenggorokan, pemeriksaan pada fungsi paru, dan mungkin menganjurkan X-Ray, khususnya jika anda perokok.



No comments: