Wednesday, December 23, 2009

Fakta-fakta menakjubkan tentang kesehatan dan penyakit jantung


Dari ukuran jantung hingga waktu serangan jantung , berikut lima fakta penting tentang jantung manusia yang setiap orang sebaiknya tahu.
Terjemahan bebas oleh Attonk dari sini

Anda dapat merasakan jantung ada berdetak setiap saat anda meletakkan tangan anda di dada, tetapi apakah anda tahu apa yang benar-benar terjadi di dalamnya atau apa yang membuat jantung anda tetap berdetak ?

WebMD the Magazine meminta Richard Krasuski,MD, direktur Adult Congenital Heart Disease Services dan staf kardiologi di Cleveland Clinic, untuk membantu menjelaskan beberapa fakta-fakta menakjubkan tentang jantung manusia.

No. 1. Bagaimana jantung manusia berfungsi

Setiap hari, jantung anda berdetak sekitar 100.000 kali, mengirimkan 2000 gallon darah ke seluruh badan anda. Meskipun tidak lebih besar dibandingkan kepalan tangan , jantung anda memiliki kerja hebat menjaga darah mengalir dalam 60.000 mil pembuluh darah yang memperdarahi organ-organ dan jaringan anda. Setiap kerusakan pada jantung dan katubnya dapat menurunkan kekuatan memompa, memaksa jantung bekerja lebih berat untuk menjaga kebutuhan darah untuk tubuh .
Jadi bagaimana meyakinkan jantung anda dalam bentuk yang sangat baik ? “ Menjaga badan anda tetap sehat membantu menjaga jantung lebih efektif, “ nasehat Krasuski. Dengan kata lain, makan makanan sehat, makanan yang seimbang dan tidak pelit untuk berolahraga.

No. 2. Gejala serangan jantung pada pria, gejala gagal jantung pada wanita

Ketika jantung bermasalah, pria dan wanita pasti tidak diciptakan sama. Singkatnya, berat jantung pria sekitar 10 ons, sementara jantung wanita sekitar 8 ons.
Bukan hanya bahwa jantung wanita lebih kecil dibandingkan pria, tetapi tanda-tanda bila bermasalah lebih kurang nyata. Ketika seorang wanita mengalami serangan jantung – dan lebih besar dari setengah juta orang tiap tahunnya – mereka lebih mirip menderita mual, gangguan pencernaan, dan nyeri pada bahu dibandingkan tanda-tanda khas pada nyeri dada.
Penyakit jantung adalah pembunuh terbesar pada pria dan wanita. Dan pada kedua gender sebaiknya memperhatikan nasehat sehat berikut : jangan merokok, pertahankan tekanan darah dan level kolesterol anda , dan perhatikan tanda-tanda peringatan nyata dan samar jantung yang dapat menjadi masalah.

No. 3. Tertawa : terapi jantung sehat

Ahli-ahli kesehatan telah membuktikan bahwa tertawa adalah obat yang baik.
Gelak tawa terbahak – bahak dapat mengirimkan 20% lebih banyak darah mengalir dalam tubuh. Suatu penelitian menemukan bahwa ketika orang menonton suatu film yang lucu, aliran darah mereka meningkat. Itulah sebabnya mengapa tertawa mungkin merupakan antidotum sempurna untuk stress.
Saat anda tertawa, dinding pembuluh darah anda berelaksasi dan melebar, kata Krasuski. Tertawalah yang baik.

No. 4. Stress dan serangan jantung senin pagi

Anda lebih mungkin menggunakan serangan jantung pada senin pagi dibandingkan dengan waktu lain dalam minggu.
Dokter telah lama mengetahui bahwa pagi adalah waktu utama terjadinya serangan jantung. “ kami menyebutnya the witching hour,” kata Krasuski. Hal ini dikarenakan tingkat suatu hormone stress yang disebut kortisol mencapai puncak pada pagi hari. Ketika hal itu terjadi, plak kolesterol yang terbentuk dalam arteri pecah dan menghambat aliran darah ke jantung. Tambahan peningkatan tekanan darah dan denyut jantung akibat stress kembali bekerja setelah akhir pekan, dan anda memiliki resep untuk suatu serangan jantung pagi hari.
Sehingga penting untuk menurunkan tingkat stress sebanyak yang anda bisa, berlatih yoga, meditasi, latihan, tertawa (lihat tips no. 3), atau menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan keluarga – apapun yang baik untuk anda.

No. 5. Bagaimana seks membantu jantung

Kehidupan seks aktif dapat mengurangi resiko pada pria meninggal akibat serangan jantung setengahnya. Pada pria, orgasme tiga hingga empat kali seminggu mungkin meberikan perlindungan potensial mencegah serangan jantung atau strok, menurut suatu penelitian Inggris.
Apakah seks bekerja sama baiknya pada jantung perempuan masih belum jelas, tetapi kehidupan percintaan yang sehat tampaknya sama baiknya untuk kesehatan secara menyeluruh. Satu hal, aktivitas seksual adalah suatu stress buster yang baik. Juga merupakan latihan yang baik – membakar sekitar 85 kalori setiap sesi setengah jam.
Jika anda mengalami masalah melakukan seks, mungkin ada bendera merah besar bahwa ada sesuatu yang salah dengan jantung anda. Sebagai contoh, beberapa peneliti berpikir bahwa disfungsi ereksi mungkin tanda suatu serangan jantung dalam perkembangan lima tahunnya.

No comments: