Saturday, December 26, 2009

6 tempat - yang secara mengejutkan – kotor di rumah anda

Oleh Mary Anne Dunkin
WebMD Feature

Reviewed by Louise Chang,MD
Terjemahan bebas oleh attonk

Jika anda menjatuhkan sepotong buah di dalam bak cuci piring di dapur anda saat membersihkannya, apakah anda berpikir dua kali memasukkannya ke dalam mulut ? bagaimana jika anda menjatuhkannya di toilet ?
Kuman seperti virus –virus pilek dan bakteri dapat hidup di sejumlah tempat yang tidak diduga. Berikut enam tempat kotor yang secara mengejutkan ada di rumah anda – seperti bak cuci piring di dapur anda – dan apa yang dapat anda lakukan untuk melindungi diri anda.

Tempat kotor : Bak cuci piring di dapur
Meskipun pikiran belaka untuk mengambil kembali sesuatu dari toilet anda cukup untuk membuat anda sakit, toilet anda mungkin lebih bersih dibandingkan bak cuci dapur anda, kata Eileen Abruzzo, direktur pengendalian infeksi di Long Island College Hospital of Brooklyn, New York. Partikel-partikel makanan dari piring dibiarkan terendam atau terbilas sebelum masuk ke mesin cuci piring dapat menjadi tempat perkembangbiakan untuk bakteri penyebab penyakit ,termasuk E. Coli dan Salmonella. Kuman-kuman dapat mencapai tangan anda atau ke makanan.
Kebanyakan orang mengambil langkah untuk mendisinfeksikan toilet mereka, sedikit orang memberikan perhatian yang sama pada bak cuci piring, kata Abruzzo. “ Mereka membersihkan bak cuci piring mereka dengan air dan berpikir sudah bersih – tetapi ternyata tidak.”
Cara cepat untuk membasmi bakteri :
Lakukan sanitasi juga pada bak cuci pring anda dan cegah penyebaran bakteri, Abruzzo merekomendasikan untuk membersihkan bak cuci piring dengan larutan cairan pemutih dan air sekali sehari dan kemudian membiarkan larutan tersebut mengalir ke saluran . Ingat untuk membuka dan juga membersihkan penutup pipa , katanya. Kemudian bersihkan tangan anda.

Tempat kotor : Sikat gigi anda
Anda menggunakannya dua kali sehari, tetapi pernahkah anda berpikir bahwa semua kuman bersembunyi di situ ? “ anda membilas setelah menggunakannya dan menjauhkannya dari basah,” kata Abruzzo. “ bakteri menyukai tempat lembab dan tumbuh di situ.”
Jika kuman dari mulut anda tidak cukup mengkontaminasi sikat gigi , kuman-kuman dari kamar mandi bisa dipastikan. Penelitian oleh Charles P. Gerba,PhD dari University of Arizona Department of Soil, Water, and Environmental Science pada tahun 1970an menemukan bahwa penyiraman kamar mandi menyebabkan percikan tetes air yang terkontaminasi dengan virus dan bakteri ke udara. Kuman-kuman ini, dia menemukan, dapat mengambang di kamar mandi anda setidaknya selama dua jam setiap anda membersihkan kamar mandi sebelum jatuh ke permukaan – termasuk ke sikat gigi anda.
Cara cepat untuk membasmi bakteri :
Abruzzo merekomendasikan untuk menempatkan sikat gigi di mana udara dapat keluar dan kering – tetapi jangan terlalu dekat dengan kamar mandi. Juga, ganti sikat gigi anda, secara khusus setelah anda sakit, dan pastikan untuk menutup penutup kakus sebelum disiram.

Tempat kotor : botol garam dan merica
Dapatkah salah satu dari tempat kotor di rumah anda berada di meja saat anda makan ?
Sayangnya, ya, menurut suatu penelitian di tahun 2008 oleh peneliti dari University of Virginia. Dalam penelitian tersebut, peneliti bertanya kepada 30 orang dewasa yang telah memulai menunjukkan gejala pilek, untuk menyebutkan 10 tempat yang mereka sentuh di rumah mereka dalam 18 jam terakhir. Para peneliti menguji tempat-tempat tersebut. Hasilnya ditemukan virus pilek pada 41% dari permukaan yang diperiksa, dan setiap botol garam dan merica positif untuk virus pilek.
Cara cepat untuk membasmi bakteri :
Ketika anda membersihkan meja dapur setelah makan, bersihkan juga botol garam dan merica. Tetapi perlindungan terbaik melawan penyebaran kuman ketika anda mengambil bumbu adalah mencuci tangan anda – sebelum dan sesudahnya.

Tempat kotor : Remote control TV anda
Remote diletakkan di lantai, diantara bantalan sofa, tempat batuk dan bersin. Setiap orang di rumah memegangnya.
“setiap yang orang sentuh lebih sering ditemukan kuman,” kata Abruzzo. The University of Virginia meneliti virus pilek pada permukaan rumah yang menunjukkan permukaan remote control termasuk di antara yang paling berkuman. Para peneliti menemukan sebagian remote control yang diperiksa ditemukan virus pilek.
Cara cepat untuk membasmi bakteri
Abruzzo menyarankan untuk membersihkannya dengan menyapunya dengan pemutih atau alcohol – “ jika saya dapat menemukannya atau menjauhkannya dari tangan suami saya,” katanya. Di samping itu, membersihkan tangan anda secara teratur adalah cara terbaik untuk melindungi diri anda melawan kuman-kuman.

Tempat kotor : Keyboard komputer anda
Jika anda makan di depan komputer anda, bersin di keyboard anda, atau duduk untuk menjelajah internet tanpa membersihkan tangan anda terlebih dahulu, keyboard komputer anda dapat menjadi sumber bahaya kesehatan. Pada penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh kelompok konsumen Inggris, para peneliti menguji keyboard dan menemukan sejumlah besar bakteri yang berbahaya termasuk E. Coli dan Staph. Empat dari 33 sample keyboard memiliki cukup kuman untuk dipertimbangkan ssebagai bahaya kesehatan. Satu sample memiliki tingkatan kuman yang lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang ditemukan pada dudukan toilet.
Cara cepat untuk membasmi bakteri :
Cuci tangan anda sebelum dan setelah menggunakan komputer anda. Jika anda harus makan di depan komputer, jangan menjatuhkan remah-remah di keyboard anda. Untuk membersihkan keyboard, dengan lembut keluarkan remah-remah tersebut atau gunakan vakum. Abruzzo menyarankan membersihkan setiap tombol dengan alcohol, tetapi “ tidak terlalu basah,” katanya. “ dan jangan lupa untuk membersihkan mouse juga.”

Tempat kotor : Bathtub anda
Tempat dimana anda membersihkan diri anda tidak terlalu bersih. Suatu penelitian menemukan bakteri staphylococcus pada 26% sampel yang diteliti. Penelitian terpisah menemukan hasil yang lebih buruk untuk whirlpool tub. Saat ahli mikrobiologi Texas A & M University Rita Moyes,PhD meneliti 43 sampel air dari whirlpool, beliau menemukan bahwa semuanya memiliki tingkatan ringan untuk bahaya pertumbuhan bakteri. Hampir semua menunjukkan bakteri yang berasal dari tinja ; 81% ditemukan jamur dan 34% mengandung bakteri staph.
Menurut Moyes, alasan utama whirlpool tub sangat kotor harus bersamaan dengan lapisan pipa. Air terjebak di dalam pipa, menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Ketika anda mengaktifkan jet-nya air yang terkontaminasi terpancar ke dalam bak mandi saat anda berendam.
Cara cepat untuk membasmi bakteri :
Para ahli menyarankan membersihkan dan memdisinfeksi bak mandi anda dengan pembersih kamar mandi setelah mandi, kemudian mengeringkannya dengan handuk bersih. Untuk whirlpool tub, cara terbaik untuk mencegah kuman berkumpul adalah membersihkan salurannya.

Melindungi diri anda dari kuman
Kebanyakan kuman tidak berbahaya, banyak juga berdampak baik bagi kesehatan. Tetapi anda dapat membantu melindungi diri anda dengan menjaga tangan anda selalu bersih. Tangan anda memindahkan bakteri dan virus ke mata, hidung dan mulut anda. Tangan anda juga memindahkan kuman ke tempat lainnya.
CDC menyarankan membersihkan tangan anda dengan sabun dan air, membersihkan tangan anda selama 20 detik – waktu yang anda gunakan untuk melagukan Happy Birthday dua kali. “ Tidak masalah seberapa hangat airnya, yang penting adalah anda melakukan friksi,” kata Abruzzo.
Gel hand sanitizer dapat digunakan untuk membunuh kuman, tetapi tidak seharusnya menggantikan cuci tangan. Hand sanitizer memenuhi tangan anda, sehingga anda sebaiknya membersihkan tangan secara teratur , nasehat Abruzzo.



No comments: