Thursday, November 27, 2008

6 Gejala Kesehatan Yang Harus Anda Perhatikan



Beberapa gejala penyakit adalah peringatan yang harus anda segera tangani. Belajarlah untuk mengenal keenam gejala tersebut.
Oleh Jeanie Lerche Davis
Seperti peringatan lampu merah pada dasbor, tubuh manusia mengirim peringatan ketika sesuatu sedang bermasalah. Nyeri dada, sesak nafas, pusing – semuanya merupakan gejala medis yang umum.
Tetapi masalah lain dapat mendekati anda juga, nyeri , benjolan. Kapan gejala tersebut menjadi penting, dan kapan tidak ?
Dalam bukunya, Your Body’s Red Light Warning Signal, Neil Shulman,MD memberikan petunjuk manual kepala hingga kaki dari tubuh manusia. Bukunya menuliskan ratusan gejala medis yang dapat memberi petunjuk hidup atau mati, atau disabilitas yang serius.
Shulman , seorang profesor bagian penyakit dalam di Emory University School of Medicine di Atlanta, telah mengarang sejumlah buku kedokteran dan jurnal-jurnal ilmiah.
Hal ini merupakan sesuatu yang serius , sesuatu yang disamakan dengan ”teroris dalam tubuh kita”, katanya kepada WebMD. Gejala-gejala tersebut merupakan ” jalan kematian begitu banyak orang. Ada penderitaan besar dan kematian menyakitkan yang dapat dicegah, tetapi manusia tidak mengetahui bahwa sesuatu itu sedang bermasalah.”
Kenyataannya, hal tersebut terjadi sepanjang waktu, sebuah gejala dilupakan – dan menjadi akhir yang tragis,. Atau hal tersebut ditemukan hingga menyelamatkan jiwa. Secara harafiah, hal tersebut dramatis, kata Shulman kepada WebMD
Di bawah ini ada 6 tanda – 6 gejala medis – yang harus anda ingat :
Jika anda memiliki berat badan menurun yang tidak diketahui penyebabnya dengan atau tanpa kehilangan selera makan anda, mungkin anda memiliki sesuatu penyakit medis serius yang mendasari.
Jika anda sedang diet, anda akan memperkirakan ini akan terjadi. Tetapi jika anda makan dengan cara yang biasa- dan sekarang harus menyetel ikat pinggang anda sedikit lebih sempit ,anda mungkin memiliki masalah serius,”kata Shulman.
”dengan kanker ovarium, kebalikannya terjadi,”katanya.” Cairan terkumpul di abdomen, dan wanita berpikir mereka menjadi lebih gemuk. Tetapi jika anda memiliki jangkauan berat badan yang sama selama bertahun-tahun, dan tidak melakukan hal yang berbeda, temuilah seorang dokter,”
Sulit berbicara, paralisis, kelemahan, rasa geli, nyeri seperti terbakar, kebas, dan bingung merupakan tanda dari stroke, dan anda sebaiknya segera memeriksakan diri pada pusat kesehatan. Pengobatan cepat dapat mencegah kerusakan permanen otak atau melindungi jiwa anda.
Tinja hitam dapat mengindikasikan perdarahan yang berasala dari suatu ulkus di lambung atau usus halus. Sehingga harus segera dihentikan perdarahan untuk menyingkirkan kanker sebagai penyebabnya.
Apa yang anda makan mengubah warna tinja anda. Tetapi, tinja hitam berarti mungkin ada perdarahan pada traktus digestivus sebelah atas, kata Shulman. Hal ini dapat menjadi tanda perdarahan ulkus atau kanker.
Sakit kepala yang disertai dengan kekakuan leher dan demam merupakan indikasi infeksi serius yang disebut meningitis.
Pada kenyataannya, jika anda tidak dapat meletakkan dagu anda pada dada, merupakan suatu tanda anda mungkin menderita meningitis bakterial, kata Shulman.Bila anda menderita meningitis bakterial , anda membutuhkan antibiotik segera untuk membunuh bakteri sebelum menginfeksi dan melukai otak.
Sakit kepala tak tertahankan yang tiba-tiba, lebih berat dibandingkan dengan yang anda rasakan sebelumnya, mungkin mengartikan perdarahan pada otak. Segeralah ke ruangan gawat darurat.
Jarang ditemukan aneurisma otak, tetapi dapat timbul- pada usia kurang dari 40 tahun. ” hal tersebut dapat menimbulkan bencana bila tidak diterapi,” kata Shulman. Jika anda memiliki sakit kepala yang hebat anda mungkin menderita aneurisma, dengan terbentuk kantong berisi darah pada titik-titik yang lemah di dinding arteri otak. Jika diterapi sebelum ruptur, hal ini dapat menyelamatkan hidup anda.

a. Untuk wanita :perdarahan vagina setelah menopause merupakan tanda peringatan kemungkinan kanker.
Beberapa wanita menyangkal ketika mereka mengalami perdarahan postmenopause.” Sebagian berpikir hal tersebut merupakan sedikit robekan, atau sesuatu dalam urin mereka,” kata Shulman. Tetapi perdarahan postmenopause merupakan suatu gejala dari kanker uteri, yang dapat diterapi bila cepat ditemukan.
b. Untuk pria : Suatu benjolan pada testis anda dengan atau tanpa benjolan pada lipatan paha dapat menjadi sesuatu yang serius. Kanker testis lebih sering ditemukan pada testis yang tidak secara alami turun dari abdomen ke dalam skrotum.
Sobat, jika anda sedang menggunakan pancuran, periksa diri anda, kata Shulman. ” hal ini tidak berarti anda harus melakukannya setiap hari, tetapi sesekali. Hal ini sangat sederhana, lebih sederhana dibandingkan mencuci rambut anda. Hal ini menjadi sesuatu yang otomatis, kemudian lebih mudah untuk diingat. Jika anda mengetahui perasaan normal seperti apa, kemudian anda mengetahui sesuatu terasa abnormal.”
Ada sebuah kata bijak : roda yang menciut-ciut membutuhkan pelumas. Tetapi hal tersebut sangat penting dalam kedokteran, kata Shulman. Jika anda merasa sesuatu tidak benar dengan tubuh anda –jika anda menjadi lebih berat, sakit kepala tak tertahankan, tetapi dokter tidak berpikir bahwa sesuatu itu serius – teguhan diri anda.
Katakan pada dokter bahwa anda tahu bahwa sesuatu itu akan menjadi suatu masalah –” saya ingin menyingkirkannya,” anda seharusnya berkata demikian. Jika mereka menolak keras, inilah yang anda katakan : ”saya ingin anda menulis dalam catatan bahwa anda menolak untuk melakukan pemeriksaan dengan semestinya”. Dokter juga manusia ; mereka dapat lelah dan kacau. Hal ini membantu menjadi lebih ekstrim, mendapatkan perhatian, kata Shulman.
” Kadangkala anda harus membuat suatu pandangan,” katanya pada WebMD. ” seorang yang sangat mirip untuk peduli tentang apakah anda hidup atau tidak adalah anda. Anda memilik empati terbesar untuk diri anda.”
Semua orang dewasa – dari SMA ke atas – sebaiknya kenal dengan gejala medis standar , untuk menolong mereka menyiapkan kesehatan yang baik.

No comments: